Sharmeen Obaid-Chinoy dan piala Oscar yang berhasil diraihnya/Net
Sharmeen Obaid-Chinoy dan piala Oscar yang berhasil diraihnya/Net
KOMENTAR

MELALUI film dokumenter, mata tajam Sharmeen Obaid Chinoy mampu menghadirkan realitas tanpa mendramatisasi, menyentuh banyak hati, dan yang terpenting berhasil membuat perubahan. 

Selalu mengangkat isu-isu penting, mulai dari perang sampai kekerasan terhadap perempuan, sutradara kelahiran Pakistan ini diketahui akan menggarap satu dari tiga sekuel film Star Wars.

Di film tersebut, Obaid Chinoy yang pernah dua kali meraih Piala Oscar pada 2010 dan 2016 untuk film dokumenter, akan mengarahkan aktris Inggris Daisy Ridley yang berperan sebagai Rey.

Tapi, para penggemar Star Wars mesti bersabar menunggu hingga 2025 untuk film pertama dari tiga film yang akan dirilis tersebut. 

Mengenal Obaid Chinoy

Dirinya diketahui merupakan seorang jurnalis dan aktivis perempuan. Ia juga sutradara non-Amerika pertama yang memenangkan Livingston Award untuk kategori Young Journalists. Obaid rela berkeliling dunia demi bertemu dengan para pengungsi, aktivis perempuan, dan para pembela hak asasi manusia, demi kepentingan dokumentasi sekaligus sebagai wujud aksi sosialnya. 

Pada 2005, misalnya, Obaid-Chinoy mengusahakan bantuan medis untuk para korban gempa di Pakistan. Tiga tahun kemudian, namanya menjadi sorotan setelah menangani Katie Piper, model dan presenter televisi Inggris yang mengalami kerusakan wajah akibat disiram cairan asam oleh kekasihnya.

Lewat berbagai film Sharmeen Obaid Chinoy, banyak kasus, cerita, dan suara yang selama ini terbungkam menjadi didengar dunia. Obaid-Chinoy juga mendirikan Citizens Archive of Pakistan, sebuah organisasi nonprofit yang memelihara sejarah dan kebudayaan Pakistan. 

Kecintaan Sharmeen Obaid Chinoy pada film, sejarah, dan kebudayaan Pakistan rupanya tak membuat dirinya hanya fokus pada hal itu, tapi juga pada manusia, objek dari segala hal yang dipelajari dan dikerjakannya selama ini.

Ya, kemanusiaan adalah cinta Sharmeen Obaid Chinoy yang sesungguhnya. 

Obaid Chinoy sendiri bukan nama asing bagi Disney. Dia pernah mengerjakan dua episode series Ms Marvel, superhero muslimah yang memiliki darah Pakistan, yang tergabung dalam jagad sinema Marvel Cinematic Universe.

“Saya telah menghabiskan banyak waktu bertemu dengan pahlawan di dunia nyata yang melawan rezim yang represif dengan peluang yang kecil. Dan saya pikir, itu adalah inti Star Wars,” demikian Obaid Chinoy.




Memaknai Hakikat Perempuan Hebat dari Sosok Mooryati Soedibyo: Empu Jamu Indonesia hingga Menjadi Wakil Rakyat

Sebelumnya

Mooryati Soedibyo Tutup Usia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Women